Monday, June 9, 2014

Recognition rather than Recall - medicastore.com

Menurut Jacob Nielsen, recognition rather than recall menjelaskan bagaimana sistem seharusnya dapat memastikan objek, aksi, dan pilihan terlihat jelas. Pengguna tidak perlu mempertanyakan lagi mengenai perbedaan pemahaman pada sebuah kata dan kalimat, situasi dan aksi yang semuanya harus mengikuti standar yang ada.

Permasalahan : Ditemukan bahasa yang kurang bisa dipahami pengguna dan memakai tata bahasa penulisan yang kurang baik.

Namun pada website medicastore.com juga ditemukan bahasa yang kurang dipahami oleh pengguna dan menggunakan tata bahasa yang kurang baik, hal ini ditemukan pada feedback dari sistem saat pengguna memasukkan data email yang pernah didaftarkan pada website tersebut. Dengan adanya tanda seru sebanyak 2 kali mengakibatkan sistem seperti memarahi pengguna atas kecerobohannya.


Rekomendasi dari saya mengenai feedback dari sistem untuk ditujukan ke pengguna seharusnya menggunakan bahasa yang lebih bisa dimengerti oleh umum, misalnya dengan menggantinya dengan "Maaf, email yang Anda masukkan telah terdaftar di sistem kami,  mohon masukkan email yang valid." 
Severity rating yang saya berikan pada kasus ini yaitu 4, karena pengguna akan dibuat bingung dengan adanya peringatan tersebut jika sistem tidak segera membenahinya.


No comments:

Post a Comment