Monday, June 9, 2014

Help Users Recognize, Diagnoze, and Recover from Errors - medicastore.com

Menurut Jacob Nielsen, help users recognize, diagnose, and recover from errors menjelaskan bagaimana sistem seharusnya dapat mengekpresikan setiap pesan ke dalam bahasa dan tanpa kode, tepat sasaran dan memberikan solusi yang konstruktif.

Permasalahan : tidak adanya penandaan error di setiap saat pengisian data pada form Register.

Pada website medicastore.com, saat pengisian data profile pengguna, tidak adanya pemberitahuan di setiap selesainya pengisian satu kolom membuat pengguna tidak mengetahui kesalahannya. Pemberitahuan baru diberikan setelah pengguna menekan tombol Register, dan pesan kesalahan muncul secara tiba-tiba. Hal ini sangat mengganggu dan mengagetkan pengguna. 

Pada saat pengisian data pribadi, saya sengaja membuat kesalahan memasukkan no telepon dengan huruf.

Saat pengisian capcha dan menekan tombol Register, maka akan muncul pesan pop up secara tiba-tiba. 

Pengguna diharuskan menekan tombol OK baru setelah itu pesan pop up tersebut hilang dan pengguna kembali memperbaiki kesalahannya, jika terdapat kesalahan pengisian lagi selain kolom HP, maka setelah pengguna menekan tombol Register kembali, maka pesan kesalahan akan muncul kembali.

Perbaikan : seharusnya pada setiap kolom diberikan pemberitahuan pengisian data sudah benar atau masih salah sehingga pengguna tidak diharuskan bolak-balik menekan tombo Register dan OK.

Severity rating untuk kasus ini saya beri nilai 3.



1 comment:

  1. Ya, setuju, pop up tidak cocok untuk error prevention karena ketika kita menekan ok, lalu kita kembali lagi ke halaman, kita bisa lupa apa yang harus dikerjakan. Ketika kita menekan pop up kita juga akan merasa sudah melaksanakan suatu task padahal bukan itu tasknya

    ReplyDelete